Kategori

Contoh Pidato Perpisahan Untuk Anak Kelas VI SD

Bagi Teman-teman yang mencari contoh pidato perpisahan untuk anak kelas 6 SD

berikut ini contoh pidato singgkat untuk perpisahan anak kelas 6 SD


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kepada yang kami hormati Bapak Kepala Sekolah beserta wakil

Yang kami hormati Wali Kelas 6 tercinta
Yang kami hormati semua Bapak/Ibu Dewan guru
Yang kami hormati semua Bapak/Ibu wali murid
Terkhusus kepada kepada kedua orang tua kami...


Ijinkanlah kami ini, berada di hadapan Bapak/Ibu sekalian untuk mengungkapkan sepatah dua patah kata. Bukan berarti kami adalah yang terbaik, tapi karena tuntutan dari rekan2 kelas 6, maka kami berada di hadapan Bapak/Ibu dan rekan-rekan semua.

Segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah subhanahu wataala, atas segala limpahan rahmat dan karunianya. Nikmat yang tak terhingga kepada kita semua, sehinggga kita bisa berada di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Sholawat dan salam juga semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad shallalllahu 'alaihi wasallam, keluarga, sahabat, dan pengikutnya yang setia dengan ajaran yang beliau bawa hingga akhir jaman. Amin.

Tiada gading yaang tidak retak. begitupun dengan apa yang akan kami sampaikan nanti. Pasti akan banyak kesalahan dan kehilafan. Untuk itu, mohon maafkan dan maklumi kami.

Dalam kesempatan ini, ijinkanlah kami menyampaikan beribu ucapan terima kasih kepada Bapak dan Ibu dewan guru semua. Berkat bimbingan Bapak dan Ibu sekalian, kami bisa menjadi seperti ini. Bisa membaca, bisa menulis, bisa menghitung dan bisa belajar untuk menjadi manusia yang sesungguhnya.


Dengan telatennya, engkau membimbing kami. Tiada ada kata bosan. Selalu sabar menghadapi tingkah polah kami yang kadang membuat jengkel. Maafkan kami. Jasa kalian tidak akan pernah kami lupakan sepanjang hidup kami. Tanpa bimbingan kalian semua, apalah arti diri kami semua.


Untuk teman-temanku semua, ini adalah hari perpisahan kita di SD ini. Berat rasanya memang. Setiap hari kita selalu bersama. Bermain bersenda gurau. Tertawa. Bercanda. Sungguh, semua kenangan itu tidak akan pernah terlupakan.

Walaupun hari ini kita berpisah, marilah tetap kita jaga persaudaraan ini hingga kapanpun. Kalian semua adalah teman-teman terbaik.

Kepada Bapak dan Ibu Orang tua dan wali murid sekalian. Inilah anakmu. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya disana-sini. Bimbinglah kami dengan sabar dan tiada henti.

Kami masih haus bimbinganmu. Kami masih haus kasih sayangmu. Didiklah kami sehingga menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, agama, bangsa dan negara.

Demikianlah pidato singkat perpisahan sekolah di kelas 6 ini, semoga kita bisa memetik hikmah dari apa yang kami sampaikan. Kami akhiri, Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.




Assalamu’alaikum wr. Wb

Salam sejahtera untuk kita semua
Kepada yang terhormat Bapak Kepala SDN Karangbong.
Kepada yang terhormat Bapak / Ibu Guru SDN Karangbong.
Serta seluruh teman – temanku kelas 6 SDN Karangbong. dan semua adik – adik kelasku

Hari ini kita semua berkumpul disini dalam rangka merayakan kelulusan serta perpisahan murid – murid kelas 6 SDN Karangbong.Dan saya berpidato disini untuk mewakili teman – teman kelas 6 SDN Karangbong.

Kami murid – murid kelas 6 SDN Karangbong. merasa sangat bahagia dan bersyukur atas kelulusan kami sehingga kami bisa melanjutkan sekolah ke sekolah yang lebih tinggi lagi. Hilang sudah rasa deg-degan kami. Hilang sudah rasa khawatir dan rasa takut kami karena Alhamdulillah kami semua berhasil lulus dengan nilai yang sangat memuaskan.

Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Kepala Sekolah dan juga Bapak / Ibu guru yang telah membimbing kami sejak kami kelas satu hingga akhirnya kami berhasil lulus. Jasa serta kebaikan Bapak dan Ibu guru tidak akan pernah kami lupakan. Kami juga minta maaf atas semua kesalahan serta kenakalan kami selama kami sekolah disini. Semoga Bapak dan ibu guru bersedia dengan ikhlas memaafkan kami.

Untuk adik – adik kelas dari kelas 1 hingga kelas 5, kami berpesan: belajarlah yang rajin, dan jadilah murid yang patuh kepada Bapak dan Ibu guru. Dengan belajar yang tekun dan disiplin maka kami yakin kelak kalian semua bisa lulus seperti kami.

Demikian pidato ini kami sampaikan. Apabila terdapat kesalahan kata yang menyinggung para hadirin semua, kami mohon maaf yang sebesar – besarnya.

Terima kasih dan Wassalamu’alaikum wr. wb

PERUBAHAN DATA KARYAWAN



CONTOH FORMAT PERUBAHAN DATA KARYAWAN YANG BERNAR.



PERUBAHAN DATA KARYAWAN

Kepada
Shared Services Center
Human Resources

Yang bertanda tangan dibawah ini,
Nama Lengkap                                  : ____________________________________________
Nomor Pokok Karyawan                     :_____________________________________________
Nomor Telp.                                       : ____________________________________________
Departemen                                       : ____________________________________________
Divisi                                                 : ____________________________________________
Perusahaan                                       : ____________________________________________
Dengan ini memberitahukan perubahan data personal seperti berikut :
O  Rekening Tabungan / eWallet        O  NPWP               O    Pernambahan / pengurangan Anggota
O  Status perkawinan                        O  No. Telepon                Keluarga
O  Alamat (email,tempat tinggal)        O  Pendidikan         O    Lain-lan (.........................)
Data Lama
Data Baru














*) Coret yang tidak berlu
*) Cheklist pada kotak perubahan data personal
*) Untuk Perubahan Rekening / eWallet harap mencantumkan Nama Bank, Cabang, Alamat Bank, No. Rekening / eWallet
Dan nama pemegang Rekening (Data Lama & Data Baru)

Catatan : Terlampir adalah dokumen pendukung perubahan data di atas.
Contoh : (Fotokopi) buku rekening baru, surat nikah, surat lahir dll.

Demikian informasi ini saya buat, untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

                                                                                                 ........................,.................................20......
Yang Mengajukan                                                                       Mengetahui



_______________                                                                       _______________
(Nama Jelas)                                                                              (HR BU)          


(Diisi oleh HR BU)
a.     Atas dasar perubahan status perkawinan, karyawan tersebut berhak / tidak berhak mendapat Tunjangan Nikah
b.    Atas dasar perubahan data tersebut, Plafon Pengobatan berubahan / tidak berubah*) menjadi : ___________
Mengetahui,
HR Local Support                                                                         Personal Administrasi,  




____________________                                                               ____________________


FILE CONTOH  FORMAT PERUBAHAN DATA KARYAWAN. DOC
GAMBAR FORMAT PERUBAHAN DATA KARYAWAN : 



 

Pengertian Pemungutan Sura / Voting

PEMUNGUTAN SUARA  / VOTING


Pemungutan suara / atau Voting adalah pengumpulan suara dari beberapa pendapat untuk menentukan pilihan. Pemungutan suara bagian dari Demokrasi, bahwa setiap orang / anggota berhak untuk menentukan pilihannya. Pemungutan suara dilakukan dengan dua macam cara, Pemungutan suara secara terbuka dan tertutup.

Berbagai sistem dan perundang-undangan pemilihan diperlukan dalam pelaksanaan pemi-lihan itu. Keduanya mencakup hal-hal sebagai berikut:
  1. Frekuensi: jadwal yang pasti untuk pemilihan sebagaimana terjadi di AS atau pemilihan yang harus diselenggarakan dalam periode waktu yang tetap (terjadi di Inggris)
  2. Tujuan: untuk memilih anggota badan legislatif lokal, regional dan nasional dan kepala negara; pemilihan-pemilihan juga dapat diselenggarakan untuk menetapkan masalah-masalah kebijakan, melalui referendum, atau pencalonan melalui pemilihan pendahuluan.
  3. Eligibilitas: pada dasarnya semua negara membatasi hak suara hanya pada warga negara dewasa, kendati negara-negara tersebut berbeda dalam menetapkan kriteria tentang kedewasaan dan kewarganegaraan.
  4. Registrasi: para pemberi suara harus diregistrasikan pada daftar atau register pemilih; registrasi di AS lebih rumit daripada di negara-negara lain.
  5. Bobot suara: sampai sebatas mana sistem menghitung satu orang, satu suara, satu nilai itu bergantung pada tipe sistem pemilihan dan ukuran konstituensi.
Kajian tentang perilaku pengambilan suara mendalami beberapa tahap dan menggunakan berbagai pendekatan. Berikut ini beberapa model, berasal dari berbagai latar belakang intelektual, yang meliputi pendekatan historis, data agregat, sosiologi, identifikasi partai, dan isu pemungutan suara.

Pertama, pendekatan historis memandang bahwa seringkali dilupakan kenyataan para pemberi suara disodorkan pada pemilihan dengan suatu pilihan partai yang tetap: ini semua adalah produk kekuatan historis yang telah lama ada sebelum lahirnya para pemilih masa kini. Karya penting dari Lipset dan Rokkan (1967) menelusuri asal-usul berbagai sistem banyak partai hingga ke peristiwa-peristiwa bersejarah yang paling penting seperti Reformasi dan Kontra-Reformasi, revolusi industri, fase-fase awal pembentukan suatu negara dan revolusi Perancis. Peristiwa-peristiwa formatif ini menimbulkan berbagai sistem kepartaian yang berbeda satu sama lain berdasarkan keterikatan pada agama, kepentingan kelas, dan loyalitas kepada pusat versus pinggiran (periferi). Setelah terjadinya berbagai peristiwa ini, sebagian partai mampu terus bertahan dalam berbagai keadaan yang menumbuhkannya. Mereka beradaptasi dengan berbagai kepentingan dan isu baru dan mensosialisasi para pemberi suara agar memberikan suara mereka kepada partai-partai itu.

Kedua, pendekatan data agregat (yang terkumpul) menganalisis data sensus untuk unit tertentu (entah itu berupa wilayah, anggota-anggota perwakilan atau daerah pemilihan) untuk membangun korelasi-korelasi antara berbagai faktor sosial yang dominan di kalangan penduduk dan kekuatan suatu partai. Pendekatan ini mengalami kemapanan di Amerika Serikat dan Perancis dalam dasawarsa-dasawarsa awal abad ke-20 dan Andre Siegfried mempergunakannya untuk menjelaskan pembagian geografis Perancis menjadi wilayah-wilayah bergaris politik kiri dan kanan. Pendekatan ini akan lebih bermanfaat bila unit yang dikaji memiliki ciri sosial yang mencolok (misalnya komunitas pertambangan atau pertanian). Masalahnya adalah bagaimana memindahkan korelasi data agregat ke korelasi data individual.

Ketiga, pendekatan sosiologi, yang meng-gunakan survai-survai sampel untuk mewawancarai para pemberi suara, dirintis di Amerika Serikat pada tahun 1940-an (Lazarsfeld et. al. 1948) dan memungkinkan dilakukannya kajian-kajian terhadap para pemberi suara individu. Karya ini menunjukkan bahwa faktor-faktor latar belakang sosial seperti kelas, agama dan tempat tinggal mendorong banyak orang untuk memilih partai Republik atau Demokrat. Pendekatan ini juga berguna untuk menunjukkan sampai batas mana partai-partai itu mampu membentuk kelompok-kelompok pendukung yang terpadu. Di Inggris kajian perintis yang dilakukan oleh Butler dan Stokes (1969) menunjukkan arti pentingnya kelas sosial dan agama dalam membentuk basis dukungan partai.

Keempat, pendekatan identifikasi partai, yang dipinjam dari disiplin psikologi, dikembangkan oleh Angus Campbell (1960) dan kolega-koleganya di Universitas Michigan. Mereka menemukan bahwa sebagian besar pemberi suara di Amerika Serikat terikat dengan suatu partai politik; mereka memiliki identitas partai, yang sering diwarisi dari orang tua mereka, dan diperkuat dengan pekerjaan, kelas dan lingkungan tetangga mereka. Kenyataan itu menjadi penguat untuk melestarikan perilaku pemberi suara. Pendekatan identifikasi partai pernah memiliki pengaruh besar terhadap kajian-kajian mengenai pemilihan, penelitian antar bangsa dan tipologi pemilihan yang sedang berkembang. Di Amerika Serikat pada tahun 1970-an dan 1980-an identifikasi mengalami kemunduran dalam meramalkan perolehan suara partai. Meskipun para tokoh partai Demokrat memperoleh pedoman yang jelas mengenai identifikasi terhadap para tokoh partai Republik mendapatkan gambaran yang jelas tentang identifikasi para Republik, tapi tetap saja mereka selalu mengalami kekalahan dalam pemilihan presiden. Konsep ini juga berguna membantu membangun [perolehan] suara bagi suatu partai.

Kelima, pendekatan voting isu, diilhami oleh Downs (1957) dan diterapkan oleh Himmelweit dan Jaeger (1985). Pendekatan ini menekankan arti penting preferensi-preferensi isu bagi pemberi suara. Menurut Himmelweit, yang menyebutnya dengan istilah consumer model voting, preferensi-preferensi isu yang dibangkitkan oleh kekuatan identifikasi partai dan kebiasaan memberikan suara kepada satu partai tertentu merupakan penentu keputusan dalam memberikan suara. Para peneliti menspesifikasi tiga syarat bagi isu voting: pemberi suara harus menyadari isu itu, peduli terhadap isu itu, dan mempersepsi partai-partai sebagai sisi pandang yang berbeda terhadap isu itu, dengan satu partai yang mewakili preferensi isu tersebut. Jika identifikasi partai mengarah pada voting ekspresif, maka pilihan rasional mengarah pada voting instrumental. Kajian-kajian awal mengenai voting menunjukkan sikap apatis dan tidak mau tahu dari banyak pemberi suara dan membuktikan bahwa hanya ada sekelompok pemberi suara minoritas saja yang memenuhi syarat-syarat isu voting itu. Namun penelitian lebih mutakhir, yang membolehkan para pemberi suara menyatakan isu-isu penting mereka sendiri, menemukan bahwa isu voting itu memiliki jangkauan yang lebih luas.

Pasang Alat Komunikasi pada helm

Interkom pada Helm Sepeda Motor





Bagi penggemar kegiatan touring mengendarai sepeda motor, kebutuhan untuk berkomunikasi dengan rekan selama perjalanan cukup penting. Komunikasi mutlak dibutuhkan untuk kordinasi anggota touring dan rangkaian kegiatan berjalan sesuai rencana.
Saat ini ada produk komunikasi antar pengendara yang diklaim kompatibel dengan berbagai produk helm di pasar, salah satunya BT-Rider. Produk ini mengklaim aplikasi, tidak butuh modifikasi apapun pada helm biker.
Perangkat ini selain berfungsi sebagai interkom juga memiliki fitur Bluetooth untuk melakukan panggilan telepon. Fitur lain, perangkat ini dapat dihubungkan dengan perangkat navigasi dan sistem hiburan.

Perangkat ini mampu digunakan untuk komunikasi dua arah antara pengendara dan penumpang atau pengendara dengan pengendara lain hingga lima pengendara sekaligus. Jangkauan terbaik dari interkom ini mencapai 1 km.
Produk BT-Rider ini memiliki teknologi Wind Noise Digital Signal Processor (DSP) cancellation system. Teknologi ini dapat mereduksi suara angin dalam kecepatan 120 km/jam sehingga suara pengendara dapat terdengar jelas.
Harga perangkat intercom ini dibanderol pada kisaran Rp 850.000 hingga Rp 1 juta.  Produk BT-Rider dapat ditemui pada ajang Pasar Jongkok Otomotif (PARJO) 2016 yang berlangsung dari tanggal 12 hingga 13 Maret 2016 di lapangan Parkir Timur Senayan, Jakarta.

Cara Merawat Helm Balap yang Benar!


Bagi penggemar kegiatan balap roda empat seperti reli, slalom atau off-road, helm merupakan kebutuhan wajib. Helm balap diciptakan dengan spesfikisi khusus untuk memenuhi standar keselamatan, seperti tahan benturan, mampu meredam suara dan nyaman digunan, saat balapan.

Bagi para penggemar helm, spesifikasi ini tentu menjadi daya tarik untuk ikut memilikinya, namun bagaimana dengan perawatan helm khusus balap ini?
Tito, manajer Garasi Helm saat ditemui Otomania, di gelaran Parjo 2016, Sabtu (12/3/2016), mengatakan, perawatan tidak berbeda dengan perawatan helm biasa. Perhatian khusus hanya diperlukan pada komponen transmitter radio yang biasanya ada di dalam helm.

Beberapa merek helm balap, seperti Peltor, Sparco, dan Stilo biasanya dilengkapi dengan komponen radio untuk kebutuhan komunikasi dengan navigator. Jika komponen ini rusak maka cukup sulit untuk membetulkannya.
Cara mudah merawatnya, biasanya setelah digunakan dalam ajang balap, helm tinggal di angin-anginkan untuk mengeringkan busa yang terkena keringat. Tito menambahkan, bagian terpenting dalam perawatan helm balap adalah bagian busa peredam.

Busa helm balap diciptakan khusus untuk dapat meredam suara mesin balap sehingga busa jangan sampai dalam kondisi basah.
“Jika sudah basah biasanya busa akan cepat rusak dan fitur peredam suara akan hilang. Ini jelas akan mengurangi fungsi dari helm balap tersebut karena busa helm tidak bisa dicopot atau diganti baru,” kata Tito.
Kebersihan bagian luar helm dapat dilakukan dengan menggunakan kain lap bertekstur lembut. Penggunaan cairan pelindung cat berbahan silikon juga dapat diaplikasikan pada cat helm balap.
Helm balap yang dirawat dengan baik dapat bertahan hingga 10 tahun penggunaan. Penggemarnya pun tidak hanya mengincar fisik helm namun juga keadaan busa, serta transmiter radio. Jika semua ini berfungsi baik helm balap seken di pasaran dapat diberi harga yang cukup tinggi. Sebagai gambaran helm merek Peltor dihargai Rp 6 juta hingga Rp 7 juta dalam kondisi bekas.

Tata Cara Doa Sholat Gerhana

Pada 9 Maret 2016 akan terjadi gerhana Matahari Total di Indonesia., Gerhana Matahari Kali ini istimewa karena Spesial Khusus Buat Indonesia. Hanya  daratan Indonesia yang dilalui gerhana total Tahun 2016 ini.

Jalur totalitas gerhana membentang dari Samudra India hingga utara Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat. Jalur gerhana itu selebar 155-160 kilometer dan terentang sejauh 1.200-1.300 kilometer,

Gerhana Matahari Total 2016 kali ini melintasi 12 provinsi di Indonesia. Provinsi-provinsi itu adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung. Selain itu, semua provinsi di Kalimantan (kecuali Kalimantan Utara), Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara juga dilintasi. Namun, tidak semua daerah di provinsi itu dilintasi jalur totalitas gerhana.

"Lama Gerhana Matahari total (GMT) di Indonesia 1,5-3 menit," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin, di Jakarta,

Di pusat jalur gerhana, gerhana total terpendek terjadi di Seai, Pulau Pagai Selatan, Sumatera Barat, selama 1 menit 54 detik dan terpanjang di Maba, Halmahera Timur, Maluku Utara, selama 3 menit 17 detik.
Totalitas gerhana terlama terjadi di satu titik di atas Samudra Pasifik di utara Papua Niugini selama 4 menit 9 detik.

Pada Rabu, 9 Maret 2016, gerhana terjadi pagi hari bersamaan dengan perayaan hari raya Nyepi. Di wilayah Indonesia barat, gerhana mulai pukul 06.20 WIB, sedangkan di Indonesia tengah dan timur pukul 07.25 Wita dan 08.35 WIT. Fase GMT rata-rata terjadi satu jam kemudian.

Sebagai umat muslim ketika kita dianjurkan untuk melaksanakan sholat Gerhana sebagai mana sabda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam,:

فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَافْزَعُوا إِلَى الصَّلاَةِ
Jika kalian melihat gerhana tersebut (matahari atau bulan) , maka bersegeralah untuk melaksanakan shalat.

Tata Cara Doa Sholat Gerhana adalah sebagai berikut :


  1. Berniat di dalam hati. Saya niat salat sunnah gerhana matahari/ kusuf dua raka’at karena Allah Ta’ala.
  2. Takbiratul ihram.
  3. Baca doa iftitah (kabiraw walhamdu.....) , berta’awudz (auzubillah...) , lalu diikuti surat Al-fatihah dan surat yang panjang dengan tidak dikeraskan suaranya.
  4. Ruku sambil memanjangkannya.
  5. Bangkit dari ruku (itidal) sambil mengucapkan Sami’allahu Liman Hamidah, Rabbana wa lakalhamd’.
  6. Setelah i’tidal, baca surat Al-Fatihah dan surat, yang panjang (lebih singkat dari yang pertama).
  7. Ruku kembali (lebih pendek dari ruku sebelumnya)
  8. I’tidal.
  9. Sujud panjangnya sebagaimana ruku’, lalu duduk diantara dua sujud dan sujud kembali.
  10. Bangkit dari sujud, lalu menjalankan rakaat kedua sebagaimana rakaat pertama (bacaan dan gerakannya lebih singkat dari sebelumnya).
  11. Tasyud.
  12. Salam.
  13. Setelah salam, Imam menyampaikan kotbah kepada para jama’ah yang berisi anjuran zikir, doa, istighfar, dan sedekah.

Sholat Gerhana

Salat dua gerhana

Salat dua gerhana atau salat kusufain berarti salat dua gerhana atau salat yang dilakukan saat terjadi gerhana bulan maupun matahari. Salat yang dilakukan saat gerhana bulan disebut dengan salat khusuf; sedangkan saat gerhana matahari disebut dengan salat kusuf.

Hadits yang mendasari dilakukannya salat gerhana ialah:

    "Telah terjadi gerhana Matahari pada hari wafatnya Ibrahim putra Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam. Berkatalah manusia: Telah terjadi gerhana Matahari karana wafatnya Ibrahim. Maka bersabdalah Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam "Bahwasanya Matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah. Allah mempertakutkan hamba-hambaNya dengan keduanya. Matahari gerhana, bukanlah kerana matinya seseorang atau lahirnya. Maka apabila kamu melihat yang demikian, maka hendaklah kamu salat dan berdoa sehingga selesai gerhana."
    —HR. Bukhari & Muslim

Sunnah fi'liyyah

(عن عَائِشَةَ أَنَّ الشَّمْسَ خَسَفَتْ على عَهْدِ رسول اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَبَعَثَ مُنَادِيًا الصَّلاَةَ جَامِعَةً فَتَقَدَّمَ فَصَلَّى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ في رَكْعَتَيْنِ وَأَرْبَعِ سَجَدَاتٍ (رواه البخاري واللفظ له، ومسلم، وأحمد

    Dari Aisyah (diriwayatkan) bahwa pernah terjadi gerhana matahari pada masa Rasulullah saw, maka ia lalu menyuruh orang menyerukan “ash-salatu jami‘ah”. Kemudian dia maju, lalu mengerjakan salat empat kali rukuk dalam dua rakaat dan empat kali sujud.
    —HR Bukhari, Muslim dan Ahmad

Sunnah qauliyah

(عن أبي مَسْعُودٍ قال قال النبي صلى الله عليه وسلم إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ لاَ يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ من الناس وَلَكِنَّهُمَا آيَتَانِ من آيَاتِ اللَّهِ فإذا رَأَيْتُمُوهُمَا فَقُومُوا فَصَلُّوا (رواه البخاري ومسلم

    Dari Abu Mas’ud r.a., ia berkata: Nabi saw telah bersabda: Sesungguhnya matahari dan Bulan tidak gerhana karena kematian seseorang, akan tetapi keduanya adalah dua tanda kebesaran Allah. Maka apabila kamu melihat gerhana keduanya, maka berdirilah dan kerjakan salat.
    —HR al-Bukhari dan Muslim

Niat salat

Niat salat ini, sebagaimana juga salat-salat yang lain cukup diucapkan di dalam hati, yang terpenting adalah niat hanya semata karena Allah semata dengan hati yang ikhlas dan mengharapkan rida-Nya, apabila ingin dilafalkan jangan terlalu keras sehingga mengganggu muslim lainnya.
Tata cara pelaksanaan

Salat gerhana dilakukan dua rakaat dengan 4 kali rukuk yaitu pada rakaat pertama, setelah rukuk dan Iktidal membaca Al Fatihah lagi kemudian rukuk dan iktidal kembali setelah itu sujud sebagaimana biasa. Begitu pula pada rakaat kedua.

Bacaan Al-Fatihah pada salat gerhana bulan dinyaringkan sedangkan pada gerhana Matahari tidak. Dalam membaca surat yang sunnat pada tiap rakaat, disunnatkan membaca yang panjang.

Hukum salat gerhana adalah sunnah muakkad berdasarkan hadis Aisyah.[butuh rujukan] Nabi S.A.W dan para sahabat melakukan di masjid dengan tanpa adzan dan ikamah.

Tata cara salat gerhana adalah sebagai berikut:

  1.     Memastikan terjadinya gerhana bulan atau matahari terlebih dahulu
  2.     Salat gerhana dilakukan saat gerhana sedang terjadi
  3.     Sebelum salat, jamaah dapat diingatkan dengan ungkapan, "Ash-salatu jaami'ah"
  4.     Niat melakukan salat gerhana matahari atau gerhana bulan, menjadi imam atau makmum
  5.     Salat gerhana dilakukan sebanyak dua rakaat
  6.     Setiap rakaat terdiri dari dua kali ruku dan dua kali sujud
  7.     Setelah rukuk pertama dari setiap rakaat membaca Surah Al-Fatihah kembali
  8.     Pada rakaat pertama, bacaan surat pertama lebih panjang daripada surah kedua. Demikian pula pada rakaat kedua, bacaan surat pertama lebih panjang daripada surat kedua. 
    Misalnya rakaat pertama membaca Surah Yasin dan Surah Ar-Rahman, lalu rakaat kedua membaca Surah Al-Waqiah dan Surah Al-Mulk
  9.     Setelah salat disunahkan untuk berkhutbah

Menurut Habib Munzir bin Fuad Al Musawwa, panduan singkat mengenai salat gerhana caranya adalah ada tiga cara :

  1.     yang termudah adalah dengan dua rakaat sebagaimana salat subuh;
  2.     dua rakaat, dan setiap rakaat adalah dengan dua rukuk dan dua kali berdiri, urutannya adalah
    Takbiratul ihram, lalu Qiyam, fatihah, surah, rukuk, lalu berdiri lagi, membaca Surah Al-Fatihah, rukuk, lalu iktidal, lalu sujud, duduk sujud, lalu bangkit ke rakaat kedua dengan hal yang sama;
  3.     dua rakaat sebagaimana poin kedua di atas, namun dipanjangkan, lalu diakhiri dengan dua khutbah selepas salat.

Tradisi di berbagai wilayah

Tradisi berbeda terjadi di daerah, di Banda Aceh saat gerhana bulan pada tanggal 4 April 2015 sedang berlangsung antara pukul 18.57 WIB hingga pukul 19.02 WIB, semua masjid di Banda Aceh langsung melantunkan azan. Kumandang azan diulang-ulang sampai beberapa kali. Kumandang azan mulai terdengar di setiap masjid di Banda Aceh sekitar pukul 18.50 WIB hingga pukul 19.00 WIB.
Tradisi lainnya di beberapa di Jawa Timur, sebagian masyarakat menyambutnya (selain salat gerhana) adalah dengan memukul-mukul tanaman dengan sapu lidi. Alasannya agar tanaman tumbuh subur. Anak-anak yang masih kecil juga dipukul-pukul ringan dengan sapu lidi, alasannya agar pandai. Tidak diketahui siapa yang memulai tradisi ini, namun tradisi semacam ini sudah mulai tidak dilakukan.

OTR - Harga Motor Kawasaki Bajaj

Produk satu ini adalah perpaduan antara kawasaki dengan pabrikan india yaitu Bajaj, dengan design agresif Motor kawasaki Bajaj siap dijadikan sebagai kuda besi anda untuk menjelajah seluruh kota, apalagi motor ini sudah mendukung pendingin cair atau radiator yang dapat menstabilkan suhu didalam mesin.
Dengan stabilnya suhu tentunya dapat meningkatakan performa motor kawasaki bajaj ini menjadi lebih tinggi, ditambah lagi motor kawasaki bajaj sangat cocok bagi anda yang mendambakan model street fighter yang tangguh dan juga sangar, dan harganya pun sangat bersahabat.
Kawasaki Pulsar 200NS
Kawasaki Pulsar 200NS
Rp.23,300,000,-
Note :
  • Harga OTR JADETABEKSER
  • Harga Motor Kawasaki Bajaj di atas dapat berubah sewaktu-waktu
  • Disetiap daerah Harga Motor Kawasaki Bajaj berbeda-beda
Mesin 4 langkah yang dimiliki oleh kawasaki bajaj dapat memberikan kecepatan yang optimal, dan anda dapat merasakan ketangguhannya yang hanya bisa anda rasakan jika anda miliki motor jenis tersebut, dan itu hanya bisa anda dapatkan hanya di kawasaki.

OTR - Harga Motor Kawasaki Moped

Kawasaki memang penuh dengan inovasi-inovasi yang keren, seperti halnya motor kawasaki jenis Moped atau bisa dibilang speda motor jenis bebek, kawasaki menciptakan sebuah SPM Bebek dengan sistem injeksi yang dapat menghemat BBM dengan skala yang cukup lumayan.
Bentuk Motor Kawasaki Moped sangat inovatif, ada yang memiliki stang jepit dengan hanya menggunakan satu shockbreaker saja, dengan produknya tersebut menjadikan banyak orang tertarik, disamping itu harga yang ditawarakan kawasaki untuk produk ini sangatla terjangkau oleh semua kalangan.
Kawasaki Athlete
Kawasaki Athlete
Rp.16,900,000,-



Kawasaki Edge R Kawasaki Edge VR
Kawasaki Edge R
Rp.13,350,000,-
Kawasaki Edge VR
Rp.14,900,000,-
Note :
  • Harga OTR JADETABEKSER
  • Harga Motor Kawasaki Moped diatas dapat berubah sewaktu-waktu
  • Disetiap daerah Harga Motor Kawasaki Moped berbeda-beda
Bahan bakar yang irit, akserasi yang cepat serta performa yang mengagumkan dan yang paling penting Harga Motor Kawasaki Moped sangatlah terjangkau, apalagi jika anda melihat bentuknya yang penuh akan garis tajam serta menarik, tentu anda dapat menjadikan motor kawasaki ini menjadi teman sehari-hari anda.